O S H I N : Kisah NYATA Drama Kehidupan Mengharu-Biru


Mendengar nama Oshin rasanya bukan hal asing lagi, apalagi film ini sempat booming di Era 80'an sampai dengan 90'an 
Film yang memang di Ilmahi dari kisah nyata seorang wanita Jepang, Mulai dari ia tumbuh hingga menjadi tua.
                                                      Oshin Asli, Ibu dari Kazuo Wada
Kalian kenal Oshin? Mungkin ada yang kenal, mungkin ada yang tidak. Maka akan saya ceritakan siapa si Oshin ini. 

Usianya baru 7 tahun saat ayahnya menyuruh Oshin menjadi babysitter, untuk membantu keluarganya yang hidup susah di tahun 1907. Di usia sekecil itu, Oshin harus menerima perlakuan kasar secara fisik dan kata2 merendahkan dari kepala pelayan di rumah majikan tersebut. Tapi Oshin bertahan, demi keluarganya. Hingga suatu hari dia dituduh mencuri, Oshin tidak terima, semiskin apapun keluarganya, dia tidak akan mencuri. Dia bisa tegar bekerja dibawah cacian. Tapi tidak dengan tuduhan mencuri. Oshin pergi dari rumah majikan tersebut. Kabur, pulang ke rumahnya. Jaman itu, bukan perkara mudah melakukan perjalanan meski hanya hitungan puluhan kilometer. 

Musim dingin, badai salju, hampir mati membeku, Oshin yg kedinginan diselamatkan oleh tentara deserter. Oshin tinggal bersama tentara itu hingga musim dingin berlalu, salju mencair.
Cerita Oshin ini panjang sekali; berganti majikan, tumbuh menjadi remaja, bercita-cita menjadi penata rambut, kabur ke Tokyo menolak menjadi pelayan bar, menikah, dibenci oleh mertuanya, membesarkan anak, memiliki toko ikan, melewati gempa bumi besar, perang, kesusahan hidup datang silih berganti. Hingga akhirnya kebahagiaan sejati tiba.
  

   
Sinema Oshin sangat berkesan untukku, karena film ini menceritakan kisah hidup seorang perempuan miskin yang penuh perjuangan dan kerja keras hingga akhirnya Ia berhasil menjadi seorang pengusaha wanita sukses di Jepang.


Film ini berawal dari kisah Oshin kecil. Oshin adalah anak petani miskin yang bekerja menggarap tanah milik orang lain. Walaupun miskin, Oshin kecil adalah anak yang berpendirian kuat, rajin dan optimistis. Dia melarikan diri dari rumah ketika Ayahnya akan menjadikannya istri atau pekerja hiburan (lupa) oleh seorang  lelaki kaya di kampungnya. Oshin kecil kemudian bekerja di rumah keluarga juragan beras yang baik hati, walaupun Ia telah dianggap anak sendiri, Oshin tetap bekerja keras di rumah keluarga tersebut.



Hidup dalam perjuangan dan ketabahan seorang wanita desa yang lugu dan miskin bernama Oshin. Berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah yang dimilikinya, Oshin berhasil menjadi pengusaha kaya-raya dan memiliki beberapa buah supermarket.

Di dalam serial yang banyak menguras air mata itu, ada satu kisah yang membuatku terhenyak dan tak habis pikir.  Juga Diceritakan bahwa saat itu keluarga para petani di Jepang sangat miskin. Mereka tidak mempunyai lahan sendiri, jadi hanya bertindak sebagai buruh yang menggarap sawah milik para tuan tanah. Ketika panen tiba, para petani ini wajib menyetorkan sebagian dari hasil panen kepada pemilik lahan alias tuan tanah. Dan hanya tersisa sedikit beras yang harus dibagi untuk memberi makan seluruh keluarga dan harus cukup untuk enam bulan sampai musim panen berikutnya.


Sayangnya jatah beras yang tersedia hanya sedikit sedangkan jumlah anggota keluarga banyak. Oshin tinggal bersama ayah, ibu, saudara-saudaranya dan seorang nenek (ibu dari ayah Oshin). Karena beras yang ada tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, ayah Oshin sebagai kepala keluarga mengambil keputusan hendak membuang ibunya ke gunung. Harapannya dengan berkurangnya jumlah anggota keluarga, maka persediaan beras yang ada akan cukup.

Tak percaya tapi nyata, pikiran kekanak-kanakku tidak dapat mencerna hal itu. Mengapa seorang anak, dalam hal ini ayah Oshin, bisa begitu tega mempunyai pikiran keji seperti itu. Membuang ibunya sendiri, ibu kandungnya, ibu yang telah melahirkan dan mengasuhnya sampai dewasa? Tidakkah ia mempunyai rasa belas kasihan kepada ibunya? Tidakkah ia mengingat jasa dan peluh ibunya selama dia kecil? Mengapa kemiskinan yang mendera bisa membuat seseorang menjadi jahat, di luar batas peri kemanusiaan? Sekejam itukah kemiskinan? Berbagai pertanyaan melintas-lintas di kepala kanak-kanakku dan tak sanggup kujawab.

Setelah dewasa aku baru menyadari bahwa hidup itu keras dan sekeras apapun hidup tak lantas harus membuang orang tua yang telah membesarkan kita dengan segenap jiwa raganya ....


Oshin adalah drama mengharu biru televisi Jepang.

Sebagian penduduk Jepang dibesarkan oleh cerita ini (diputar di televisi Jepang tahun 1983), banyak sekali penduduk Jepang yang jatuh cinta pada Oshin kecil dan perjuangan hidupnya. Wanita yang tidak pernah menyerah, tidak akan, sesulit apapun. Wanita yang memiliki kehormatan dan sungguh2 menjaganya. Ibu rumah tangga yang tangguh, semuanya tumplek blek di tontonan ini. Serial televisi ini pernah menguasai hingga 63% share penonton televisi Jepang, angka yang fantastis. Saya tidak tahu seberapa besar pengaruhnya terhadap etos kerja penduduk Jepang, boleh jadi signifikan. Itu termasuk rangkaian tahun2 penting bangkitnya Jepang sebagai raksasa ekonomi baru setelah negaranya hancur lebur oleh bom atom.
Oshin, adalah salah satu cara efektif menanamkan pemahaman hidup yang baik. Tidak terbayangkan, kalau stasiun televisi kita punya 10 drama seperti Oshin, mungkin kita bisa berhenti mencemaskan banyak hal. Keluarga memiliki serial favorit yang penuh pesan moral. Anak2, remaja2, hingga ibu rumah tangga punya tontonan kesayangan yang bertenaga menanamkan pesan positif.
Maka, semoga besok lusa, masih tersisa orang2 yang peduli, menyiapkan rencana untuk memberikan tontonan alternatif yang bermanfaat bagi banyak orang di televisi kita.

Komentar

  1. Saya sangat setuju . Oshin adalah inspirasi. Seperti fil keluarga cemara yang juga menonjolkan kehidupan sehari2 masyarakat indonesia,yang memiliki pesan moral yang sangat mendalam , mudah2an film2 serial indonesia dapat mengedepankan film yang bersifat mendidik, diambil dari kisah nyata untuk menjadi sumber inspirasi . bagaimana dapat menumbuhkan rasa menghargai satu dgn yg lain.

    BalasHapus
  2. Oshin adalah model moral serta kekuatan manusia dalam menghadapi kemiskinan.

    BalasHapus
  3. Tidak dapat di temukan lg sosok oshin di jaman now.......

    BalasHapus
  4. Oshin film jadul banjir air mata film fenomenal yg sarat akan pesan moral,Semoga Oshin tetap akan ada di zaman skrng ini.

    BalasHapus
  5. Setiariniputu
    Film ini tidak lekang oleh waktu. Didalamnya terdapat banyak pelajaran hidup.

    BalasHapus
  6. Oshin ketegaran yg mnjadi inspirasi kaum hawa,tk ad kerja keras yg sia" tanpa hasil dengan kejujuran nyata dunia bs mengubah mnjadi hidup oshin menjadi terhormat meski bersakit" dahulu menuailah kebahagiannya...salut mah sama oshin...

    BalasHapus
  7. Tayang ulang di TVRI setiap Sabtu jam 19.00 wib, sebelum Little House on the Prairie.

    BalasHapus
  8. Iya, aku rutin ngikuti drama Oshin, lanjut Little house on the praire:)

    BalasHapus
  9. Sy sllu teringat masa kecil dlu,saat itu pun sy sd merasakn kesedihan n perjuangan hidup yg berat utk oshin,,,kkw skg mah hujan air mata saat nonton oshin d tvri

    BalasHapus
  10. oshin membuat saya inget nenek saya waktu msh kecil....saya bener terharu sedih stiap nonton

    BalasHapus
  11. Saya suka banget film Oshin,dl waktu Oshin diputar di tV,saya msh SD. Blm paham betul jalan ceritanya. Apalagi saya nontonnya di TV tetangga😀. Skrg diputar lg di TVRI. Tiap pagi jam 10 saya sdh standby di depan TV. Kalau kerjaan belum beres,saya tahan utk ntn malam hari bersama suami😁. Semoga bs ditayangkan sampai tamat+tdk putus ditengah jalan..

    BalasHapus
  12. Iya aku jg Uda standby jam 10 pagi di ANTV, sayang sekali baru nonton dua hari ini Uda lewat masa kecilnya. Penasaran ceritanya

    BalasHapus
  13. Saya setiap senin-jumat standby depan tv nonton oshin, untung jam segitu film anak2 sedang tidak diputar jadi bisa giliran sama anak saya😊

    BalasHapus
  14. Ini adalah drama favorit saya..waktu saya masih sekolah SD...dan sekarang masih tetap menjadi drama favorit saya..walau sekarang saya sudah punya cucu...

    BalasHapus
  15. Kisah yg meng inspirasi bagi saya ..

    BalasHapus
  16. Saya sebagai generasi yg lahir di tahun 2000an sangat berharap ada film seperti oshin ini lagi yg sesuai dgn zaman skrg. Saya sedih melihat tayangan nirfaedah semakin banyak sekarang ini.

    BalasHapus
  17. Bisakah fisiarkan di youtube karebavsana seksli tidak bisa lihat pada jsm 10 pagi ..(sediih)..

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah masih setia sama Oshin dijam 10-11 siang ,terimakasih tvri

    BalasHapus
  19. Hari ini Kamis tgl 21-03-19 knp Oshin tidak tayang? Sy menantikan kelanjutan gadis kecil yg dibawa Ken ke rumah Oshin

    BalasHapus
  20. Hari ini kamis tg 21 maret 2019 kenapa oshin g tayang mlh dignti acaranya..sedih dech...

    BalasHapus
  21. Bener bgt..sy jg nungguin hr ini.tp ga ada.😭😭

    BalasHapus
  22. Idem...dmn kau oshin..q sll menunggumu

    BalasHapus
  23. Tvri menanyangkan lg, tp dr tgl 21 kok ga ada lg? Apa ganti jam tayang ya, kombga ada info dr tvri nih....

    BalasHapus
  24. Iya... semoga besok senin tayang lagi...

    BalasHapus
  25. Oshin,oh Oshin, gimana kelanjutan ceritanya setelah dagang ikan?

    BalasHapus
  26. Aduh film Oshin kok tidak dilanjutkan?

    BalasHapus
  27. Tolong TVRI kabari kami,film Oshin berhenti tayang atau berubah jam tayangnya, kabari kami please!

    BalasHapus
  28. Film oshin bikin mewek terus.. Dan penasaran sama Wajah oshin yg sebenar nya.. Terharu kisah hidup yg sungguh pilu...

    BalasHapus
  29. Ryuzu bikin aq nangis hari ini😭😭😭

    BalasHapus
  30. Iya ni riyuzu bikin mewek...sumpah ngefans aq sama pemain yu anak pertama oshin ini sedih sampai ke tulang

    BalasHapus

Posting Komentar